Rabu, 06 Januari 2016

Tips Memilih Lokasi Mancing di Sungai

                      

    Memilih lokasi mancing di sungai tidak boleh sembarangan apabila pemancing berharap mendapatkan ikan banyak. Memilih spot mancing yang perlu di perhatikan adalah dengan melihat aliran air. Ikan yang berbeda jenis tentu memiliki  tempat  kesukaanyang berbeda-beda.

1. Tips memilih lokasi mancing ikan lele, sogo dan patin di sungai


                                                           
                                                                                       Gambar Ikan Lele

    Dalam menentukan lokasi untuk memancing ikan lele, pilihlah lokasi yang airnya cukup tenang, umumnya di pinggir sungai. Dan carilah area yang berlumpur tapi jangan berbatu. Untuk ikan sogo umumnya suka dengan aliran air yang cukup deras dan cenderung di tengah sungai. Nah, untuk ikan patin umumnya di sungai yang dalam, dan karena ikan patin suka berlindung maka akan mudah di dapat  di sungai yang terdapat banyak tanamannya. Selain itu ikan patin adalah tipe ikan pemangsa jadi ikan patin juga banyak terdapat di sungai yang banyak ikan kecilnya.


2. Tips memilih lokasi mancing ikan nila di sungai

                                                              Gambar Ikan Nila

    Untuk memancing ikan nila carilah sungai yang airnya memusar dengan gerakan lambat. Selain itu pastikanlah banyak terdapat tumbuhan di air, baik itu tumbuhan yang hidup air atau tumbuhan yang berasal dari daratan. Namun hal yang terpenting dari semua itu adalah ikan nila suka lokasi di tepian sungai, meskipun ada yang di tengah itu hanya beberapa saja.

3. Tips memilih lokasi mancing ikan tawes di dungai

                                                                Gambar Ikan Tawes

    Ikan tawes merupakan tipe ikan yang hidup berkelompok dan umumnya dalam satu kelompok besarnya hampir sama. Nah, karena ikan tawes hidup berkelompok pasti membutuhkan banyak makanan, dan sumber makanan yang di sukai ikan tawes berasal dari sampah. Sampah tersebut umumnya tersangkut di tanaman tepi sungai yang batang atau daunya masuk ke air. Perhatikanlah juga bahwa aliran air sungai cukup derasa, di lokasi sperti inilah banyak terdapat ikan tawes.

4. Tips memilih lokasi mancing ikan Betutu/Bloso

                                                 Gambar Ikan Betutu/Bloso

    Ikan betutu hidup di kondisi sungai yang dalam dan airnya diam atu bergerak namun lambat. Ikan betutu di musim kering bertahan hidup dengan membuat lorong-lorong di lumpur dasar sungai atau bertahan hidup di lorong batu dasr sungai. Ikan betutu juga suka dengan dasar sungai yang banyak sampah dahan-dahan kering.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Memilih Lokasi Mancing di Sungai

0 komentar:

Posting Komentar